SKIN CARE ROUTINE DISAAT JERAWATAN

 

Hallo Dear, Pernahkah kalian mengalami breakout atau masa dimana kulit sedang sensitif dan jerawatan? yups, bulan desember ini kulitku sangat rewel dan sensitif. Awalnya tumbuh jerawat dibagian dagu karena masker. Lalu jerawat lain tumbuh dibagian pipi dan langsung 4 biji! Agh.. Rasanya stress dan sedih sekali. Tapi semakin aku stress semakin banyak lagi yang tumbuh.

contoh kulit berjerawat sc: fimela.com

Aku tidak tau pasti aku breakout karna apa. Kebetulan, sebelumnya memang pakai exfoliating serum dari merk lokal. Ditambah juga aku ganti suncsreen baru. Jadi aku fikir memang penyebabnya itu. Ohya, mungkin karena aku juga begadang selama 7 hari berturut-turut karna tugas kuliah. Mungkin karena faktor-faktor itulah yang membuat kulit wajah aku ga stabil hormonnya.

Cara yang kulakukan ketika sedang breakout adalah Back to Basic Skincare. Sudah pada dengar belum apa itu basic skincare? Ya, basic skincare adalah rangkaian skincare sederhana yang terdiri dari Cleanser, Toner, Moisturizer, dan Protecting. Atau biasa disingkat jadi CTMP. Basic Skincare adalah rangkaian skincare yang benar-benar simple dan bagus untuk mengembalikan skin barrier yang rusak. 

Aku skip memakai toner, skip booster, masker dan skip essence juga. Aku juga stop dulu exfoliating kulit dan juga stop memakan makanan yang dapat memicu jerawat lebih banyak. Selain itu aku juga puasa make up dulu. Puasa make up maksudnya tidak memakai make up seperti concealer, foundation ataupun yang lainnya. Karena make up juga bisa menyumbat pori-pori. Okay, berikut adalah step basic skincare yang aku lakukan ketika kulitku berjerawat adalah :

1. Cleanser

Aku selalu dan tidak pernah skip yang namanya Double Cleansing. Meskipun gak make up sama sekali, namun jika kalian memakai sunscreen harus double cleansing ya. Kalau gapake make up aku first cleansingnya menggunakan micellar water, dan aku pakai micellar water dari Garnier yang bewarna Pink. Sudah 2 tahun aku memakai micellar water ini, karena cocok dan gak bikin wajah kering.

Cr: Official store Garnier

Micellar merk Garnier ini cukup nyaman, dan ada banyak variantnya. kalian bisa menyesuaikan dengan kondisi wajah kalian. dan kalau mau coba dulu, bisa beli kemasan mininya. atau, micellar merk lain juga banyak, tergantung cocoknya ya.

Lanjut second cleanser menggunakan Hada Labo AHA BHA Face wash, wah udah ga perlu diragukan lagi facewash dari Hada Labo ini juaranya!! sudah 2tahun lebih bahkan aku menggunakan face wash ini. Sempat beralih ke facewash lain, namun ujungnya tetap balik ke Hada Labo. 

Cr: Rohto OS


Face Wash ini ga bikin muka kesat atau kering, busanya banyak, gak bikin jerawatan atau beruntusan dan juga bener-bener wajah bersih sebersih-bersihnya. Harganya under 50ribu. 

2. Toning

Ketika sedang jerawatan aku skip exfoliating toner, jadi aku hanya pakai Hydrating Toner. Hydrating Toner guna untuk menghidrasi kulit dan memberi kelembaban pada kulit wajah. Hydrating toner banyak merknya, namun yang aku pakai adalah Hadalabo Gokujyun. Diantara 3 Hydrating Toner yang aku punya (Hatomugi, Autumn, Wardah, dan Hada Labo) lagi-lagi Hadalabo yang series Gokujyun ini juaranya. 


Aku sudah pakai selama 3 tahun, tapi ga full karena aku pakainnya gantian sama hydrating toner lainnya. Tapi kalau kulit lagi rewel atau jerawatan aku prefer pake Hada Labo sih, karena melembabkanya superrr juara. Selain itu dia juga bisa memperbaiki skin barrier aku. tidak lengket dan gampang menyerapnya. Super luv! Review lengkapnya bisa baca disini ya: Hada Labo Gokujyun Lotion

3. Moisturizing

pict

Moisturizer yang aku pakai sekarang adalah Hada Labo Gokujyun juga! hehe ini semua gak diendorse ya. Murni honest review aku. Gak ngerti kenapa aku cocok sama produknya Hada Labo mostly. Tapi moisturizer ini baru aku pakai selama 2 mingguan, Review lengkapnya soon ya! Tapi selama 2 minggu aku pakai, so far so good sih. Nggak bikin jerawat makin parah, melembabkannya juga kerasa, dan seperti biasa yang buat jatuh cinta adalah no fragrance. Benar-benar tidak bearoma jadi tidak mengganggu ketika diaplikasikan.

Tapi minusnya adalah aku kurang suka finishnya yang rada basah diwajahku. jadi kalau pagi aku pakenya sedikit aja, karena kalau kebanyakan bikin kurang nyaman.

4. Protecting

Kalau Skincare Night Routine cukup sampai moisturizing aja, tapi kalau pagi wajib dan harus banget pakai Sunscreen ya. Sunscreen banyak banget manfaatnya untuk kulit maka dari itu sangat tidak boleh diskip. Salah satu manfaatnya adalah melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari yang dapat membuat kulit sunburn, kemerahan, bahkan kanker kulit. Aku pakai banyak merk sunscreen, mulai dari wardah, Skin Aqua, Loreal, dan juga Emina. tapi seminggu terakhir ini aku lagi pakai sunscreen dari L'Oreal.

pict

Nah, jadi itu rangkaian basic skincare aku teman-teman.. jadi kalau lagi jerawatan diusahakan untuk meminimalkan memakai produk dan juga stop makeup agar kulit bisa bernafas sejenak. Aku nggak pakai kandungan skincare pencerah, atau exfoliasi. Cukup pakai skincare yang bisa hydrasi kulit saja. Sebenarnya kandungan salicsylid Acid bagus untuk kulit berjerawat, namun aku gak pakai itu. Setelah aku sudah merasa jerawat-jerawatku mulai mendingan, baru aku pakai serum Salicsylid Acid.

Produk yang aku sebutkan diatas, itu hanya contoh produknya yang aku pakai yaa. bisa disesuaikan dengan yang kalian punya, tapi urutanya seperti yang aku sebutkan diatas. 

Ohya, untuk jerawatnya sendiri aku pakai obat totol jerawat dari Larissa. Sudah 3 botol habis, dan alhamdulillah cocok. Meskipun kalau jerawat yang mendem agak effort ya sist hilanginya, sekitar 3-5 harian baru mendingan. Ingat ya, obat totol hanya digunakan dibagian yang jerawat saja. 


Yang lebih nampol acne spotnya dari Skin Game, cuma agak pricey jadi aku lebih rekomendasiin kalian pakai Larissa kalau jerawanya tidak begitu parah.

Okay, mungkin segitu dulu sharingnya.. Jika kalian juga sedang difase sensitif skin dan jerawatan bisa coba cara yang aku pakai ya. Dan, perbaiki juga pola hidup. Terapkan pola hidup sehat, dengan tidur yang cukup (jangan begadang), hindari makan-makanan junkfood dan mie, serta minum air putih yang banyak.

Info produk yang aku beli, aku belinya disini:

1. Garnier Micellar Water (First Cleanser) :

2. Face Wash Hada Labo AHA BHA (Double Cleanser) :

3. Hada Labo Gokujyun Lotion (Toner) :

4. Hada Labo Gokujyun Moisturizing (Moisturizer) :

5. Larissa Acne Spot (Obat Totol Jerawat) :

Semenjak pandemic, online shopping menjadi kebiasaanku. Ada plus minusnya sih, plusnya menghemat waktu dan tidak capek harus ke mall atau keluar rumah. Cuma minusnya, kadang dapet produk yang tidak original. Maka dari itu ketika berbelanja online kalian harus lebih selektif yah, pastikan beli produk di toko yang trusted.

Kalau kalian mau interaksi sama aku, mau lebih dekat dengan aku, atau sekedar tanya-tanya tentang produk, bisa follow instagram aku Philonaisac atau twitter philonaisac twitter Di instagram dan twitter aku lebih sering upload konten beauty tips, dan racunin kalian produk-produk skincare terupdate!

Namun, perlu diingat kembali yah teman-teman, hasil disetiap orang beda-beda karena type kulit wajah orang pun beda-beda. Disini aku hanya sharing beauty tips dan memberikan ulasan sejujur-jujurnya sesuai dengan efek yang aku rasakan. Cocok di aku, belum tentu cocok dikalian, dan sebaliknya. Namun aku berharap kalian pun cocok dengan produk yang aku rekomendasikan. Kita butuh trial error sampai menemukan produk yang cocok, dan tidak ada hasil yang instan. Semua butuh proses dan ketekunan. Selamat teracuni!

Comments

Popular posts from this blog

AVOSKIN Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed Review

Kandungan Skincare yang tidak boleh digabung

SOMETHINC AHA BHA PHA Peeling Solution